Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Mangoli Timur Sukses Digelar

Sula,transtimur.com – Percepatan penurunan stunting di Kepulauan Sula terus ditingkatkan. Salah satu upayanya adalah melalui Rembuk Stunting Tingkat Desa dan Kecamatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan PKK, Kecamatan Mangoli Timur, pada Minggu (7/7/2024).

Rembuk stunting tingkat Desa, dimulai dari Desa Keramat Titdoi, Desa Kou, Desa Waitamela, Desa Naflo dan Desa Waitina. Kemudian, ditutup dengan Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Mangoli Timur di Desa Waitina.

Kegiatan Rembuk stunting  ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Sula, Hi M. Saleh Marasabessy, yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Sejumlah Kepala Dinas (Kadis), Camat Mangoli Timur, Faradila Faudu, serta para Kepala Desa se Kecamatan Mangoli Timur.

Wakil Bupati Kepulauan Sula Hi M. Saleh Marasabessy menekankan pentingnya pencegahan stunting sejak dini. 

“Upaya prefentif merupakan hal yang penting dalam mencegah stunting,”ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga mengapresiasi penyelenggaraan Rembuk Stunting Tingkat Desa dan Kecamatan ini, ia berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. 

“Pemerintah desa juga dapat mengusulkan kebutuhan untuk pencegahan dan penanganan stunting,”imbuhnya.

Camat Mangoli Timur, Faradila Faudu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti usulan-usulan dari desa-desa terkait pencegahan dan penanganan stunting. 

“Usulan-usulan tersebut akan diintegrasikan berdasarkan kebutuhan prioritas di desa dan kemudian akan diusulkan pada Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan dan dilanjutkan dengan rembuk stunting tingkat Kabupaten,” jelas Faradila.

Acara Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Mangoli Timur ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh kepala desa, Camat, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan, Saya mengapresiasi terlaksananya acara rembuk stunting Desa dan Kecamatan,”ucapnya.

Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan Mangoli Timur, dan Pemda Kabupaten Kepulauan Sula berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di wilayah Kepulauan Sula. Dengan komitmen bersama dan program yang terarah, diharapkan anak-anak di Kepulauan Sula dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal.

Komentar