Tersangka Dijerat Pasal 170 dan 351 KUHP

Sanana, Maluku Utara – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kepulauan Sula (Sula) telah menyelesaikan penyidikan kasus pembunuhan yang menewaskan seorang pria berinisial SS (25 tahun) di Desa Paslal, Kecamatan Mangoli Tengah, pada 27 Juni 2024 dini hari.

Kasat Reskrim Polres Sula, IPTU Rinaldi Anwar, dalam press release yang diadakan di Mapolres Sula pada Kamis (4/7/2024), menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penyidikan, tidak ada unsur perencanaan pembunuhan dalam kasus ini.

“Berdasarkan hasil penyidikan, Sat Reskrim Polres Sula menyimpulkan tidak ada rencana pembunuhan,” ujar Anwar.

Anwar mengungkapkan bahwa motif pembunuhan diduga karena dendam lama antara warga Desa Paslal dan Kaporo, Kecamatan Mangoli Tengah, dengan warga Desa Baruakol, Kecamatan Mangoli Selatan.

“Sebelumnya, pemuda Desa Paslal dan Kaporo sempat berselisih paham dengan pemuda Desa Baruakol di sebuah pesta joget. Tersangka kemudian sepakat untuk mengerjai pemuda Desa Baruakol dan naasnya terjadilah pembunuhan,” ungkap Anwar.

Kelima tersangka dalam kasus ini dijerat dengan Pasal 170 ayat 2 huruf E dan Pasal 351 ayat 3 junto Pasal 55 ayat 1 E KUHP yang berbunyi “barang siapa yang melakukan kekerasan yang menyebabkan matinya orang, dihukum dengan pidana penjara paling lama 12 tahun”.

Anwar menjelaskan bahwa untuk tersangka yang masih di bawah umur, pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemasyarakatan (Bapas).

“Untuk penanganan anak yang masih bawah umur, kita masih berkoordinasi dengan Bapas. Mungkin anak yang dibawah umur kita gunakan yang bersangkutan untuk wajib lapor, mengingat di Polres Kepulauan Sula belum ada ruangan tahanan untuk anak dibawah umur,” jelas Anwar.

Anwar menambahkan bahwa keputusan akhir terkait hukuman bagi anak di bawah umur akan ditentukan oleh hakim.

Berikut identitas kelima tersangka:

AH (23 tahun), warga Desa Kaporo, Kecamatan Mangoli Selatan
RF (26 tahun), warga Desa Paslal, Kecamatan Mangoli Tengah
SY (25 tahun), warga Desa Kaporo, Kecamatan Mangoli Selatan
AU (18 tahun), warga Desa Kaporo, Kecamatan Mangoli Selatan
MH (12 tahun), warga Desa Kaporo, Kecamatan Mangoli Selatan

Komentar