Soal Kelangkaan Mita di Sula, KNPI Kawal Janji Kapolres

Transtimur.com-DPD KNPI Kepulauan Sula Maluku Utara, bersama sejumlah OKP yang terlibat dalam demonstrasi akan terus mengawal tuntutannya kepada pihak kepolisian untuk dapat memediasi rapat bersama pihak Pemerintah Daerah, PT. Sanana Lestari, serta PT. Pertamina, Senin (25/3/24).

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPD KNPI Kepulauan Sula, M. Rifai Umasugi, kepada TMG, usai melakukan hearing bersama Kapolres Kepulauan Sula AKBP Kodrat Muh Hartanto, S.I.K, di Mako Polres Kepulauan Sula.

“Kami akan mengawal janji Bapak Kapolres tadi, untuk menggelar rapat kordinasi bersama pihak terkait guna membahas soal kelangkaan dan dugaan permainan harga BBM Mita”, kata Rifai.

Lanjut Rifai Persoalan kelangkaan dan dugaan permainan harga HET BBM Mita bukan lagi hal baru, bahkan sudah berulang kali terjadi. Namun, sejau ini kami belum melihat ada langkah tegas dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) maupun Aparat Penegak Hukum (APH), untuk memberikan efek jerah pada para oknum mafia BBM ini.

“Mungkin karna lemahnya pengawasan, atau bahkan sengaja dilakukan pembiaran. Sehingga, para oknum mafia BBM jenis Minyak Tanah di Sula terus saja berulah, karna merasa tidak bisah disentuh oleh hukum”, bebernya.

Menurut Rifai, aturan dan sanksi pidananya jelas, bagi penyalahgunaan BBM subsidi yang tertera pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001, tentang Minyak dan Gas Bumi dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp.60 miliar.

“kelangkaan dan dugaan permainan harga BBM Jenis Minyak Tanah (Mita), ini sangat berdampak buruk bagi semua pihak, terkhususnya dikalangan masyarakat bawah”, jelasnya.

“Sebab, hal tersebut dapat memicu kenaikan harga transportasi laut, darat, hingga ke kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako)”, sambung Rifai.

Rifai menambahkan hal ini sangat fatal, harus disikapi semua pihak, baik itu dari Pemda maupun pihak APH agar ada solusi, apa lagi dibulan Ramadhan ini, kebutuhan masyarakat pastinya akan meningkat.

“Kapolres secepatnya melakukan kordinasi dan menggelar rapat guna membahas aspirasi yang disampaikan dan mencari solusi bersama atas permasalagan kelangkaan dan permainan harga BBM Mita ini. Sebab, sudah sangat meresahkan warga”, harap tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *