BMKG Himbau Warga Sula-Taliabu Waspada Saat Melaut

Transtimur.com – Badan Meteologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengeluarkan himbauan kepada warga Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara untuk meningkatkan kewaspadaan saat berlayar dan melaut dalam beberapa hari ke depan. 

NI Putu Deby Ayu Sandra, bagian Perkiraan BMKG Sanana, menyampaikan bahwa wilayah perairan Sanana dan Kabupaten Pulau Taliabu masih berpotensi mengalami hujan, angin kencang, dan gelombang tinggi mencapai 0,5 hingga 2,5 meter.

Bacaan Lainnya

“Kami menghimbau agar warga berhati-hati, terutama bagi yang ingin berlayar, melaut, atau menyeberang ke pulau seberang dengan kapal, karena tinggi gelombang masih cenderung tinggi,”ujar Putu Deby Ayu Sandra, Senin (23/01/2024).

Himbauan tersebut juga mencakup penyebrangan dengan kapal dari Ternate ke Sanana atau Sanana ke Ambon, yang diingatkan untuk tetap berhati-hati. Putu Deby Ayu Sandra menjelaskan bahwa kondisi atmosfer di wilayah Maluku Utara, termasuk Kepulauan Sula, sedang tidak stabil, mendukung pertumbuhan awan, dan menyebabkan peningkatan curah hujan.

“Belokan angin yang signifikan di wilayah ini juga berkontribusi pada pembentukan awan dan peningkatan curah hujan,”tambah Putu Deby Ayu.

Kecepatan angin mencapai 18 hingga 27 kilometer per jam, mempengaruhi gelombang di perairan Sanana dan Pulau Taliabu.

“Warga diminta untuk memperhatikan perkembangan cuaca dan mengikuti informasi resmi dari BMKG untuk keselamatan bersama,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *