Cegah Informasi Hoax, Bawaslu Kepsul Diskusi Dengan Wartawan

Transtimur.com- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara Gelar Kegiatan Berdiskusi Bersama Wartawan (Berkawan) membahas persoalaan Informasi Hoax dan Indeks Kerawanan Pemilu tahun 2024 mendatang, di JS Caffe Senim Malam (30/10/23).

Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Safrin Titdoi, menyampaikan saran dan pendapat dari para awak media menjadi catatan penting bagi Bawaslu dalam hal pengawasan Pemilu 2024.

“masukan dan saran dari teman-teman Media nanti kita tampung mana yang bisa menjadi evaluasi kita dalam proses pengawasan atau dalam proses partisipasi Masyarakat” Kata Safrin.

“kita tau bahwa banyak informasi yang hoax tentang isu-isu sara di media sosial, maka dibutuhkan kerja sama dari teman-teman wartawan untuk menulis hal-hal yang valid berkaitan dengan Pemilihan Tahun 2024, Supaya pemilihan itu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama,”sambugnya.

ditempat yang sama Plh ketua Bwaslu Kepsul, Zulfitrah Hasim, juga mrnguraikan indeks kerawanan Pemilu yang di rilis Bwasalu Republik Indonesia.

Menurut Zulfitrah, Ini menjadi catatan bagi kita semua baik itu kami sebagai lembaga Pengawasan Pemilu maupun seluruh Stakeholder yang lain.

“misalnya KPU sebagai pelaksana maupun teman-teman media yang juga katagori sebagai pilar ke 4 Demokrasi sudah barang tentu kita punya tanggung jawab yang sama untuk membicarakan soal melakukan pengawasan dan menyukseskan Pemilu pada pelaksanaan Pemilu 2014,”jelas Zulfitrah.

zulfitra menambahkan ada beberapa hal yang menjadi perhatian bagi kami Bawaslu berkaitan dengan kerawanan Pemilu dengan berbagai isu.

1. Bawaslu RI di tahun kemarin telah merilis indeks Kerawanan Pemilu dan Maluku Utara termasuk katagori Rawan tinggi, kita berada di urutan ke tiga setelah Sulawesi Utara dan DKI Jakarta.

2. Indek kerawanan pada Monei Politik (Politik Uang) yang dirilis pada tanggal 13 Agustus Tahun 2023 kita di Provinsi Maluku Utara termasuk urutan 1 dengan Skor 100.

3. Indeks kerawanan pemulu dengan dimensi netralitas Aparatur Spil Negara (ASN) kita di Maluku Utara juga masuk urutan satu rawan tertinggi, kemudian Kabupaten Kepulauan Sula masuk urut ke 14 di seluruh Indonesia.

4. Kemudian pada bulan Oktober tahun 2023 kemarin Bawaslu RI juga merilis indeks kerawanan pemilu dengan dimensi politisasi Sara kita di Maluku Utara masuk dalam urutan kedua rawan tinggi juga.

Komentar