Inspektorat Sula Kolaborasi Dengan CV. BPU Gelar Bimtek di Bali

Transtimur.com – Inspektorat Kabupaten Kepulauaan Sula, Maluku Utara kolaborasi dengan CV. BPU gelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berlangsung pada Rabu (25/9/2023) di J4 Hotel. 

Kegiatan tersebut dengan tema “Penguatan BUMDes Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Perdesaan,”.

Plt. Inspektur Inspektorat Machful Sasmito, kepada transtimur menuturkan bahwa, Bimtek ini  merupakan  bagian dari upaya  Pemda Kepsul untuk memberikan pembekalan kepada Perangkat Desa dan Pengurus BUMDes, guna menciptakan tata kelola lembaga ekonomi desa yang efektif dan efesien serta demokratis, di mana masyarakat desa dapat ambil peran dalam pembangunan desanya itu sendiri.

“itu  mengurangi  ketimpangan sosial-ekonomi yang terjadi di perdesaan, sehingga sumber-sumber penghidupan tidak hanya dikuasai oleh kelompok menengah ke atas saja. Dan yang terpenting adalah untuk mewujudkan Desa Sejahtera dan Mandiri,” ucap Macful

Macful juga menambahkan, kegiatan ini juga dibagi dalam dua bagian yakni, formal (dalam ruangan) dan non formal (luar ruangan).

“Sengaja dibuat di luar daerah (Provinsi Bali) biar para kades dan bendes juga bukan hanya menerima materi di dalam ruangan, tapi juga dapat turun langsung ke desa-desa yang menurut kami patut untuk dicontohi,” tutur Machful.

Kata dia (Machful), ada beberapa lokasi wisata yang kami kunjungi, diantaranya Pantai Pandawa Kuta Selatan Kabupaten Badung Bali, Pantai Jimbarang Bali, serta lokasi Wisata Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali, (salah satu desa terbersih didunia).

Terpisah, Ketua DPC APDESI Kabupaten Kepulauan Sula Sirajudin Umasangadji, menyampaikan, sangat mengapresiasi Kegaiatan Bimtek ini. Sebab, tidak hanya fokus pada materi diruangan, tapi juga melakukan Study Tour dan Study Tiru ke beberapa desa yang memiliki potensi luar biasa.

“Selaku ketua APDESI, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan sangat berterima kasih kepada Pemda Sula dan penyelenggara kegiatan. Sebab, ini sangat bermanfaat,”katanya.

Kata dia, lewat Study Tour dan Study Tiru ini, para kades dan perangkat yang ikut bisah menambah wawasan untuk pengembangan desa, agar kedepan dapat mengangkat seluruh potensi yang ada di desa.

Kata dia, materi yang di dapat dilapangan sangat bermanfaat bagi para kades, dirinya sangat berharap para kades dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dengan baik, dan diaplikasikan bersama masyarakat di masing-masing desa.

“Mengutip Kata Socrates, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain termasuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman seperti yang dilakukan melalui kegiatan Bimtek ini,”tuturnya.

Sekedar diketahui, ada tiga orang pemateri dalam agenda Bimtek tersebut antara lain :

1. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang disampaikan oleh : – Eka Khadarpa Utama Dewa Yani SE, MM

  1. Penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mendukung pengembangan ekonomi perdesaan, yang disampaikan oleh – Krishno Hadi (Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip
  1. Bumdes dan UMKM, Kolaborasi Sukses Untuk Kemakmuran Desa, yang disampaikan oleh – Ruli Inaya Ramadhoan, M.Si (Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Malang)

Komentar