Perkiraan Cuaca Di Kepulauan Sula 3 Hari Kedepan

Transtimur.com – BMKG Stasiun Meteorologi mengeluarkan perkiraan prospek cuaca di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula dalam tiga hari kedepan. Masayarakat.

Kepala BMKG Staisun Metorologi Emalamo Kepulauan Sula Moh. Riva N melalui Maulydia Andis Andini selaku bagian perkiraan cuaca Forecastor mengatakan wilayah Sulabesi dan Pulau Mangoli tiga hari kedepan brrpotensi hujan.

 “Sulabesi dan Pulau Mangoli berpotensi hujan ringan hingga sedang dengan disertai angin kencang dan petir,”kata Andini kepada Transrimur Media Grup (TMG) Jumat ( 20/1/2022).

Karena kata Andini saat ini sisi utara Indonesia khsusnya sisi utara bagian Papua terdapat daerah tekanan rendah atau daerah sikronik

“ini disebabkan adanya perpindahan masa udara, nah secara teori itukan perpindahan masa dari daerah tinggi ke daerah rendah,”jelas Andini.

Dalam hal ini, lanjut Andini, sisi utara papua itu terdapat tekan rendah, disitu terjadi sikronik menjadi belokan angin terjadi di sekitar Maluku Utara.

Ia menjelaskan dengan adanya belokan angin ini diumpakan seperi kendaraan dengan banyak orang lalu bertemu di tikungan. Disitu otomatis kecepatan sudah tidak tentu menurun.

“nah Pas dibelokan itu terjadi penumpukankan seperti sama halnya dengan masa udara jika terjadi belokan Arah angin dia akan menjadi penumpukan masa udara disitu akibatnya terjadi pembentukn Awan semakin pekat dan semakin besar, itu yang menyebabkan terjadjnya hujan,”tutup Andini.

Komentar