Jumlah Tenaga Kerja di Kepsul Capai Ribuan Orang

Transtimir.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nurlaila Karepesina mulai merilis jumlah tenaga kerja tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara.

“Khusunya jumlah masyarakat Sula yang telah bekerja, baik bekerja di kios warung makan, di tokoh, badan dinas, sekolah dan koperasi dan lain sebagainya berjumlah 7543 orang,” kata Nurlaila diruangan kerjanya, Rabu (9/11/2022).

Selain itu, jumlah penduduk warga Kepsul, pencari kerja di luar daerah sesuai data pencetak AK1 atau kartu kuning yang dikeluarkan oleh Disnakertrans sebanyak 1.084 orang, terhitung sejak januari hingga 8 November 2022.

“Kedepannya, jika perusahaan di Falabisahaya itu dibuka, sodara-sodara di luar daerah bisa ditarik kembali di Sula. Langka itu juga dapat menekan angka pengangguran di Sula,” ujarnya.

Sementara itu lanjut dia, disnaker juga merilis jumlah tingkatan pendidikan yang telah mencari kerja.

“Dari D3 sampai S1 berjumlah 161 orang, Untuk tingkatkan SMA laki-laki sebanyak 711, perempuan sebanyak 216 orang,” ucapnya.

“Untuk Madrasah Aliyah Laki-laki 60 orang, perempuan 3 orang. SMK 110 Laki2 Perempuan 24 orang. Kalau SMP laki-laki 12 orang perempuan 2 orng”, bebernya.

Sedangkan, tingkatkan Sekola Dasar (SD) perempuan sebanyak 3 orang, laki-laki sebanyak 4 orang.

“Jadi kalau data dari SD sampai tingkatan pendidikan sarjana hitung mulai dari Januari hingga Agustus 2022,” Imbuhnya,(Opan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *