Besok, Jaksa Periksa Tiga Pucuk Pimpinan DPRD dan Sekwan Sula

Transtimur.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sula, Maluku Utara nampak serius melakukan penyelidikan dugaan korupsi anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) penanganan Covid-19 tahun anggaran 2021 senilai Rp 28 miliar.

Keseriusan Kejari Sula ini nampak dari surat panggilan pemeriktaan atau memintai katerangan kepada para ketua Bandan Anggaran (Banggar) dan Sekretaris Banggar yang dilayangkan pada Selasa (12/9/2022). Dua surat panggilan tersebut diantar langsung staf Kejari Sula.

Surat panggilan yang ditujukan kepada Pimpinan DPRD untuk membantu menghadirkan ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

Selain ketua Banggar, Kejari Sula juga memanggil Sekretaris Banggae (Sekwan). Sekwan hadir dengan dibawa serta dokumen-dokumen

Berdasarkan informasi yang dikantongi Transtimur Media Grup (TMG) pada Selasa (13/9/2022) menyebutkan Kepala Kejari Sula Immanuel Richendryot SH MH telah mengeluarkan surat perinta penyelidikan kasus dugaan korupsi Biaya Tak Terduga (BTT) tahun anggaran 2021.

Dimana, Surat perintah penyelidikan itu berkaitan dengan dugaan korupsi anggaran BTT penanganan Covid-19 senilai Rp 28 miliar sehingga dipandang perlu Jaksa memanggil ketua banggar dan Sekwan guna menggali informasi terkait persoalan tersebut.

Mereka (ketua banggar dan Sekwan) dijadawalkan menghadap ke Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Sula pada Kamis (14/9/2022) pekan depan.

Sekedar diketahui bahwa, Ketua Banggar melekat pada Ketua DPRD, wakil ketua banggar melekat pada wakil ketua I DPRD dan Wakil Ketua II DPRD. Sedangkan Sekretaris banggar melekat pada Sekretaris Dewan (Sekwan).

Ketua DPRD Sula saat ini dijabat oleh Sinaryo Theis dari fraksi Demokrat, Wakil Ketua I DPRD dijabat H. Ahkam Gajali dari Fraksi Golkar dan Wakil Ketua II dijabat oleh Hamja Umasangaji dari Fraksi NasDem.

Selain itu, pihak Kejari Sula dan para ketua Banggar DPRD masih dalam upaya dikonfirmasi. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *