Menyongsong HUT RI, Kesbangpol Taliabu Bagikan 5000 Bendera Merah Puti

Transtimur.com – menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara, melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pembagian 5000 bendera merah putih Kepada Masyarakat.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih yang dicanangkan pemerintah pusat dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 Tahun.

Penyerahan 5000 bendera merah putih tersebut diserahkan secara simbolik oleh Asisten I Setda Pulau Taliabu, Ma’ruf, kepada masyarakat Desa Bobong, Desa Wayo, dan Desa Kilong yang dilangsungkan di halaman kantor Bupati Pulau Taliabu. Kamis (04/08/2022).

Kepala Kesbangpol Pulau Taliabu, Husain, mengatakan jika Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat indonesia.

Selain itu, kegiatan pencanangan gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat ini dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77 yang seharusnya telah berlangsung akhir juli lalu karena diperintahkan untuk dikibarkan sejak 1 Agustus sampai 31 Agustus 2022.

“Dan kita juga mengharapkan pembagian 5000 bendera ini dapat dikibarkan sampai ke pelosok Pulau Taliabu, “paparnya.

Kegiatan ini juga, lanjutnya, dilandasi pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas dan simbol bangsa sebagai alat pemersatu diseluruh Indonesia khususnya pada moment peringatan HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia yang mengangkat tema.

“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, “terang Husain.

Sementara, Bupati Pulau Taliabu, dalam sambutannya yang diwakilkan Asisten II Setda Pulau Taliabu, Ma’ruf, menyampaikan, Ditjen Polpum Kemendagri bersama pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dipandang perlu untuk untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang semarak dan bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih identitas pemersatu yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar diseluruh wilayah NKRI, “ujar Ma’ruf dalam sambutannya.

Lanjutnya, Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, serta unsur pemerintah maupun swasta.

“Untuk itu saya sampaikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa untuk mengkoordinir masyarakat di Desa agar dapat mengibarkan bendera merah putih disertai umbul-umbul agar suasana kemerdekaan dan perayaan kemerdekaan terlihat semarak di masing-masing Desa dan Kecamatan, “tandasnya, (Menyongsong HUT RI, Kesbangpol Taliabu Bagikan 5000 Bendera Merah Putih. (Uli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.