Alumni Perikanan Malut Desak Bupati Taliabu Evaluasi Kadis KP

Samar Ishak

Transtimur.com– Pengurus Ikatan Alumni Perikanan (IKAPERIK) Maluku Utara mendesak Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus evaluasi Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan (DKP) Abrar Silia.

Pasalnya, Abrar diduga mengeluarkan rekomendasi kepada Samuel Hendrik Lahema selaku pemilik kapal dengan berat kotor 30 Grous Ton (GT) untuk melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan laut Pulau Taliabu.

“Kita tau bersama bahwa untuk urusan ijin penangkapan ikan itu urusannya ada di Provinsi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bukan Kabupaten,”kata pengurus IKAPERIK Malut Samar Ishak Kepada Transtimur Media Grup (TMG) Via Telpon Kamis (7/7/2022).

Samar mengatakan, Kadis KP Abrar Silia mengeluarkan rekomendasi kepada kapal dari luar wilayah Maluku Utara (Manado) untuk melakukan penangkapan ikan di wilayah Perairan Laut Maluku Utara khususnya di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Kalau rekomendasi penangkapan itu telah di keluarkan oleh Kadis Perikanan Taliabu maka apapun bentuk dalilnya tidak bisa di benarkan hal tersebut,”Beber Alumnus Perikanan Unkhair itu.

Apalagi lanjut Samar, rekomendasi tersebut di keluarkan bukan untuk nelayan lokal tetapi untuk nelayan di luar Maluku Utara.

Dia bilang Kapal dengan kapasitas sebesar 30 GrousTon (GT) itu kapal yang cukup besar.

“Untuk itu saya mendesak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara untuk memberikan teguran keras kepada Kadis Perikanan Taliabu yang menyalahi kewenangan tersebut,”Tutup pemerhati Perikanan Malut itu.

Berikut bunyi rekomendasi yang dikantongi wartawan transtimur.com, bahwa bahwa Dinas Kelautan dan Perikana (DKP) Pulau Taliabu mengeluarkan rekomendasi dengan nomor 523/REK.40/DKP-PT/XII/2022, tanggal 16 Desember 2021.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan kepada:

  1. Pimpinan/Pemilik : Samuel Hendrik Lahema
  2. Alamat : Kota Manado
  3. Bidang Usaha : Penangkapan Ikan
  4. Daerah Usaha : Wilayah Kabupaten Pulau Taliabu 
  5. Nomor SIUP
  6. Spesifikasi Sarana Perikanan yang digunakan
  • Nama Kapal : Viery
  • Ukuran kapal PxLxD (M) : 22,05 x 4,60 x 1,50
  • Berat Kotor : 30 GT
  • Merek/No Mesin : Mitsubishi 220 Hp

Rekomendasi tersebut dikeluarkan di Bobong pada tanggal 16 Desember 2021 ditanda tangi oleh Kadis Kelauatan dan Perikana Abrur Sillia S.Pi. 

Tembusan kepada Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, 

Komandan Marnit Polairud Kabupaten Pulau Taliabu di Bobong

DANPOS AL Kabupaten Pulau Taliabu

ADPEL di Sanana

Kantor Pelabuhan Sanana, Wilker Pelabuhan Bobong di Bobong.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.