Desember Puluhan Unit Tower BTS Di Sula Rampung

Transtimur.com — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Sula targetkan pemasangan 45 unit Base Transceiver Station (BTS) di Kepulauan Sula rampung bulan Desember mendatang. Itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kepulauan Sula, Suryawati Buamona, saat dikonfirmasi awak media, Senin, (25/10/2021)

Suryawati Buamona mengatakan, BTS tersebut adalah bantuan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dalam program bantuan tower Base Transceiver Station (BTS) pada Tahun 2021

Dalam program ini, Kementrian Kominfo memberikan bantuan tower BTS sebanyak 4.200 unit ke seluruh desa yang belum ada jaringan internet. Ukurannya sama, yakni tinggi 32 meter. Alhamdulillah Kabupaten Sula dapat 45 unit,” terangnya.

Dikatakan, saat ini sedang dalam pekerjaan pemasangan Tower BTS di beberapa desa di 12 Kecamatan, sebagian sudah selesai terpasang. Nantinya tower poin ini akan dipasang sebagai tower induk pembagi jaringan BTS,” ujar Suryawati.

Disebutkan, ada sedikit kendala dalam pemasangan BTS, yakni masalah lahan. ”Sebagian pemilik lahan yang sebelumnya mengizinkan lahannya digunakan sebagai tempat pemasangan BTS, kini tidak mau lagi. ”itu yang sering diperdebatkan,” ungkapnya.

Kandati demikian, sambung Suryawati, sesuai hasil koordinasi dengan tim pengawas bahwa pemasangan BTS ditargetkan rampung pada Desember 2021.

“Jadi pemasangan towernya kami targetkan rampung pada Desember 2021, tapi jaringan internet akan mulai aktif pada awal tahun 2022. Kalu sudah aktif semua, maka semua wilayah di Kabupaten Sula dapat terakses internet,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *