BPC Sibualamo Silaturahim Ke Kelurahan Togafo, Kota Ternate

Transtimur.com — Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Sibualamo Ternate, melakukan silaturahim ke kelurahan Togafo, Kecamatan Ternate Barat, Kota ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu (20/10/2021).

Dalam rangkaian silaturahim dengan para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, untuk memperoleh informasi secara langsung terkait pemajuan dan kelestarian kebudayaan lokal demi mewujudkan rencana pembentukan kampung adat di ternate barat.

Dalam kunjunganya ketua BPC di dampingi sekretaris BPC sibualamo Ahksan Hasan dan pengurus sibualamo ternate yakni wakil ketua bidang hukum Darwin Bunga, wakil ketua bidang partisipasi pembangunan Wahyu Juanga, wakil ketua bidang organisasi Yoyan Alwi, wakil ketua bidang penggalangan massa Arham Goma, wakil ketua bidang seni dan budaya Sehan Limatahu, wakil ketua bidang ekonomi kreatif Asrul Tameti.

Hal ini di sampaikan oleh, ketua BPC, sibualamo kota ternate, Yusman Dumade, mengatakan dalam pengamatan kami, masalah sosial budaya masih menjadi tantangan dan ancaman tersendiri yang patut mendapat perhatian kita bersama.

Lanjutnya, memudarnya rasa dan kebangsaan, disorientasi nilai agama serta kohesi dan integrasi sosial.

Menurut Yusman, melemahnya mentalitas positif, masih kuatnya komunitas adat dan budaya untuk memajukan budaya di kota Ternate secara komprehensip dan berkelanjutan.

Selain itu, pihaknya juga akan ikut berpartisipasi bersama pemerintah untuk memberi masukan yang solutif atas berbagai masalah sosial budaya yang dihadapi tersebut baik itu melalui konsep maupun aksi nyata.

Yusman tambahkan, untuk menjalankan programnya kami juga di dukung oleh  pemerintah kota (Pemkot) ternate untuk mendorong dan mengembangkan kampung adat di desa Hiri dan sekitarnya.

Pihaknya juga akan membuka diri atas berbagai masukan yang konstruktif bagi kepentingan organisasi maupun untuk kemajuan pelayanan, pembangunan dan pembangunan di ternate, hari ini dan masa-masa yang akan datang, ujar ketua BPC sibualamo ternate.

Pada kesempatan tersebut tokoh masyarakat togafo H.Labojo Bajo, menyambut baik kunjungan ketua BPC dan pengurus sibualamo ternate, dirinya mengingatkan kepada para pihak agar muatan lokal (Mulok) di semua lini pendidikan agar memuat bahasa daerah ternate dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari (adat se atoran) sehingga implementasi kehidupan di masyarakat lebih ke pemajuan kebudayaan lokal, tutupnya. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *