Atasi Keluhan Pelanggan,  PDAM Bobong Lakukan Pengembangan Di 2021

Transtimur.com — Direktur teknis PDAM Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Kisman Djanu merespon keluhan pelanggan terkait kemacetan air PDAM selama dua hari kemarin, disebabkan banjir.

“masalah air tidak jalan ini, pengaruhnya karena banjir, kalau hujan biasa saja, tidak pengaruh, sebab PDAM saat ini masih mengandalkan air langsung dari pipa induk tanpa menggunakan Penyaring (IPA) yang ada di desa ratahaya lagi karena sudah rusak selama kurang lebih dua tahun,” jelas Kisman pada pewarta, Minggu (8/8/2021).

Kisman menjelaskan bahwa, pada saat banjir tiba, pipa induk (intake) yang berada di mata Air Ratahaya sangat kabur, sementara Instalasi Penyaringan Air (IPA) yang berada di Desa Ratahaya tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan dalam kota Bobong akibat Reserfoyer yang berada di IPA PDAM mengalami kerusakan sudah sejak dua tahun terakhir.

Disamping itu tambahnya, penampungan Bak IPA PDAM Bobong yang berada di Desa Ratahaya saat ini, sudah tidak bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kota Bobong yang terus membengkak.

Sementara, di beberapa dusun dalam kota Bobong lainnya masih belum teraliri air bersih yang bersumber dari PDAM, untuk itu PDAM Bobong saat ini telah merancang pengembangan sumber Air PDAM yang baru.

“Selain berupaya memperbaiki Kerusakan IPA, sebagai antisipasi lain juga sedang kami rancang, harus ada sumber air alternatif yang tidak berpengaruh saat banjir, dan perencanaan alternatif itu sudah kami persiapkan sumber airnya, dan itu suda masuk dalam perencanan pengembangan PDAM tahun 2021 insya Allah,” harapnya.

Bahkan Lanjut Kisman, rencana pengembangan PDAM tersebut telah dipresentasikan kepada Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, dan telah mendapat persetujuan dari orang nomor satu di Taliabu itu, sehingga tinggal pengusulannya secara tertulis dan menunggu penganggarannya pada tahun berikut.

Untuk itu, dirinya selaku direktur teknis PDAM berharap kepada seluruh pelanggan kota Bobong agar dapat mempersiapkan persediaan air dikala musim hujan atau banjir sehingga kebutuhan air bersih tetap tersedia meski saat banjir tiba yang dapat berakibat terhadap distribusi air dari PDAM. (uly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *