Dinas Perkim Kota Ternate Melakukan Pemetaan Kawasan Melalui Program Kotaku

Transtimur.com — Dinas Perumahan Eakyat Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan melakukan pemetaan kawasan melalui program Kota tanpa kumuh (Kotaku), Selasa (3/8/2021).

Pasalnya, program Kotaku ini akan dilakukan di tiga Kelurahan yakni Kelurahan jambula, Kelurahan Kastela dan Kelurahan Dufa-dufa.

Kadis Disperkim Kota Ternate, Nuryadin Rachman menjelaskan, program Kotaku di tiga Kelurahan akan diprioritaskan dalam empat hal, diantaranya, Pelayanan Air bersih, Persampahan, air bersih dan drainase. Ini sudah dilakukan realisasi dengan melakukan penyerahan secara simbolis oleh Walikota Ternate belum lama ini.

Bahkan lanjut Nuryadin, Program Kotaku di tiga kelurahan tersebut sudah mulai jalan. langkah awal dilakukan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat yang berlangsung di Kelurahan Kastela. Ini dilakukan sebelum masuk pada pelaksanaan kegiatan fisik dilapangan.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ini sisitemnya swakelola sama halnya dengan kegiatan yang sumber anggaranya melalui DAK Integrasi di Makassar Timur. Pelaksanaan kegiatanya melekat langsung melalui Balai Perumahan Rakyat,”kata Nuryadin.

Meski melekat langsung melalui Balai namun kata Nuryadin, pelaksanaan pekerjaaan dilapangan telah dibentuk petugas fasilitator di setiap Kelurahan, Dimana program Kotaku ini tentunya juga bertujuan mempercepat penanganan permukiman kumuh di dalam kota Ternate.

“Target pelaksanaan kegiatan sendiri Desember sudah harus tuntas,”tutupnya. (ril)

Komentar