Puskesmas Lelilef Halteng Lakukan Dua pelayanan kesehatan untuk masyarakat

Transtimur.com – Puskesmas Lelilef Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara, membuka sistim pelayanan masayarakat diluar gedung dan pelayanan dalam gedung Puskesmas.

Kepala puskesmas Lelilef, Haruna Muhammad, kepada transtimur.com, Senin (14/6/2021) diruang kerjanya mengatakan, pelayanan puskesmas di embangkan pada dua tugas yaitu pelayanan masyarakat diluar gedung dengan pelayanan perseorangan dalam gedung puskesmas.

“pelayanan luar gedung merupakan posyandu sedangkan pelayanan perseorang yaitu pelayanan dipuskesmas”.

Lanjut Haruna, pelayanan posyandu pihaknya lakukan setiap bulan di tengah-tengah masyarakat untuk pemeriksaan kesehatan seperti ibu hamil, penimbangan bayi/balita, imunisasi dan lainnya, dan masyarakat yang tak sempat datang periksa kesehatan diposyandu bisa datang ke puskesmas.

Bagi yang tidak sempat datang ke posyandu atau puskesmas kami juga mengunjungi warga tiap-tiap rumah untuk mengecek langsung kondisi kesehatannya dan ini merupakan program Bupati dan wakil Bupati, bebernya.

” kunjungan kerumah warga itu dilakukan oleh petugas pegawai tidak tetap (PTT) yang ada di desa, itu bukan lakukan perawatan dirumah tetapi warga ditensi darahnya lalu di sampaikan ke petugas puskesma kemudian dokter berikan obat-obatan”.

Terkait dengan kesehatan lingkungan itu di lakukan oleh petugas kesehatan masyarakat terkait dengan upaya-upaya kesehatan, sebenarnya dengan beban tugas seperti ini cukup banyak dan berat, tambahnya.

Namun dirinya juga akan kondisikan sumber daya kesehatan dengan jumlah petugas di wilayah kerjanya karena ada dua tugas yang harus pihaknya lakukan yaitu usaha kesehatan lingkungan dan usaha kesehatan perseorangan (UKL-UKP), ujar Kapus lelilef. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *