Kunjungi PT.IWIP, Pemkab Haltim Tegaskan IWIP segera Perjelas Status Haltim sebagai Daerah penghasil Tambang

Transtimur.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melalui Bupati Drs. Ubaid Yakub dan Wakil Bupati Anjas Taher Kamis, (3/6/2021) mengunjungi PT. Indonesia Weda bay Industrial Park (IWIP) di Lelilef Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Anjas Taher, Ketua DPRD Haltim, Jhon Ngoraitji, dan Unsur Pimpinan DPRD Lainya serta Kabag Humas Yusup Talib, Sekretaris Dinas PUPR Iswan Mabud, Kabag Ekbang Kalla Suleman, dan Rombongan lainnya disambut baik oleh pihak perusahaan yakni Vice Presiden PT.IWIP dan GM. HR.External Wahyu Budi santoso. Dan pejabat lainya di IWIP.

Bupati Menyampaikan kedatanganya dengan Semuah unsur pimpinan DPRD Haltim serta beberapa Dinas terkait, tentu selain silaturahmi antara Pemkab Haltim dan Pihak Perusahaan, juga untuk memastikan status Wilayah Kabupaten Halmahera Timur yang masuk dalam KP PT.IWIP.

Ubaid juga menekankan soal status Haltim yang dikategorikan sebagai Daerah Penyangga bukan penghasil oleh PT.IWIP padahal, Haltim sendiri berdasarkan Peta KP Perusahaan Cina itu, wilayahnya sekitar 44% dari wilayah Kabupaten Halteng.

“oleh karena itu, kami meminta agar pihak perusahaan kiranya membantu dan mendukung kami agar status Haltim sama dengan Halteng yaitu daerah penghasil,” tegas Ubaid pada pertemuaan yang digelar di Ruang meting Kantor IWIP.

Sementara itu Pihak IWIP mempresentasekan beberapa kegiatan yang dititikkan di Haltim yakni kecamatan Wasile Selatan yang bersumber dari Dana Corporate Social Responsibility berupa pembagian dukungan Membasmi Civid-19, Pembangunan Rumah Ibada dan Sarana Pendidikan serta kesehatan
Namun, hal tersebut ditepis oleh Wakil Bupati Haltim Anjas Taher sebab kata dia, jika Haltim masuk juga dalam Wilayah pertambangan IWIP maka soal pembagian dan realisasi dana CSR harusnya sama dengan Haltim.

“ Bilaperlu realisasi Anggaran CSR jangan Cuma di Wasile Selatan akan tetapi merata hingga ke Maba Selatan,” tegas Anjas.

Ketua Golkar Haltim itu juga meminta kepada pihak perusahaan agar segera memberikan data rencana penyaluran Dana CSR dan Berapa Jumlah Karyawan asal Haltim yang direkrut hingga saat ini.

Usai melaksanakan diskusi dengan Pihak perusahaan pihak Perusahaan pada Jumat, (4/6/2021) mendampingi bupati Haltim dan rombongan dan mengunjungi pembangunan Smilter,Pelabuhan serta PLTU yang saat ini sudah mulai beroperasi.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *