Bupati Kepulauan Sula Resmi Terminal Sanana

Transtimur.com– Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes Resmikan terminal angkutan darat Sanana sekaligus menyerahkan bantuan moda transportasi darat yang bersumber dari kementrian Perhubungan dan Kemntrian Desa PDT dan Transmigarsi yang di selenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) di areal Pasar Basanohi Desa fogi Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara, Jum’at (9/4/21).

Turut hadir dalam kegitan tersebut, para unsur Forkopimda, Sekda Kepsul, Asisten dan Staf Ahli Bupati, pimpinan-pimpinan SKPD lingkup Pemda Kepsul, para peserta penerimaan bantuan, serta seluruh Kepala Desa se kecamatan Sanana.

Lewat kesempatan tersebut Kepala Dinas Prehubungan Ibrahim Tidore dalam sambutannya menyampaikan, pengresmian terminal baru ini untuk mengurangi kemacetan alur masuk dan keluar kendaraan dari terminal pasar Basanohi yang hanya menggunakan satu jalur untuk kedaraan masuknya dan keluar.

“sehingga terminal ini di fungsikan akan membagi jalur antara jalur angkut dan kendraan gemkau baren yang akan menempati terminal baru, sementara mobil pribadi, mobil pick up dan motor menempati areal terminal lama, jelas Kadis.

Lanjut Ibrahim, pembangunan terminal bersumber dari Angrana Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Sula yang di kerjakan pada tahun 2019 dan baru di resmikan pada tahun 2021 ini.

“hal ini di karenakan beberpa fasilitan penunjang terminal belum sepenuhnya memadai dan terpenuhi sehingga perlu ada pembenahan di waktu-waktu yang akan datang, terkait penerimaan retribusi parkir dan retribusi terminal bagi kendraan bermotor sebelum pengresmian baru ini, di tahun 2019 dan 2020 sebesar Rp. 10 juta, selalu mencapai target bahkan melampawi target yang telah di tetapkan, untuk itu saya pastikan dalam kurum waktu dua atau tiga bulan kedepan target penerimaan itu dapa di capai dan melampawi target, tegasnya.

Ibrahim pun menambhkan, sebentar lagi kita akan menyaksikan penyerahan moda tranportasi darat bantuan dari kementrian Perhubungan RI dan Kementrian Desa, PDT dan Tarnsmigrasi RI oleh Bupati Kepulauan Sula.

“bantuan dari kementrian Perhubungan RI berupa satu unit bus Sekolah yang di serhkan kepada SMP Negeri 1 Sanana, dan juga bantuan moda transportasi darat dari kementrian Desa, PDT dan Taransmigrasi RI berupa tiga unit mikro bus Yang akan di berikan pada yayasan Mesjid Raya Kepsul, Desa Molbufa dan Desa Wainib, terangnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kepsul Hendrata Thes menuturkan, pengresmian terminal ini dengan tujuan meningkatkan pendapatan hasil daerah juga terus ketertiban dan kenyamanan dalam berkendraan juga, terus arus masuk dari luar kota ke dalam kota ini juga bisa teratur.

“jadi harapannya dengan di resmikan ini bisa segera berfungsi dan penataan pasar ini juga bisa berjalan dengan baik, kalau tranportasi yang kita berikan kepada Sekolah, Mesjid Raya dan Desa ini semoga bisa berguna sangat lebih lagi terhadap masyarakat banyak dengan bantua itu, tutupnya.

Di ketahui bahwa, isai pengersmian terminal angkutan darat Sanana, Bupati Kepsul Hendrata Thes, Bersama Forkopimda lainya menyerahkan bantuan kepada para penerima secara simbolis.(tex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *