Kadikbud Cabang Sula Akan Bekerja Sama Dengan Univestias Pattimura Ambon, Terkait ini

Kadis Cabang DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Mluku Utara, Syawal Umanahu

Transtimur.com — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara (Malut) Cabang Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Syawal Umanahu mempunyai inisiatif membangun komunikasi dengan pihak Kampus Universitas Pattimura (UNIPATTI) di Ambon dalam rangka untuk membuka peluang beasiswa melalui tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan tes Jalur Mandiri bagi siswa yang lulus SMA dan SMK.

Syawal mengatakan, pada saat tes, siswa atau anak-anak tidak lagi berangkat keluar daerah untuk melakukan tes, tetapi sistem tes bisa dilakukan di Sula dengan cara online.

Ia pun menyebut, inisiatif untuk melakukan SBMPTN di Kabupaten Kepulauan Sula, lantaran ada beberapa pertimbangan.

  1. Covid 19,
  2. Pertimbangan orang tua tentang biaya rapid tes anti gen, 
  3. Kost anggaran Iebih besar siswa berangkat tes keluar daerah, bukan jaminan siswa tersebut lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri, 
  4. Tes SBMPTN dan Tes jalur mandiri terdapat dua pilihan. Pertama, UNIPATTI Ambon. Dan pilihan kedua, di seluruh Universitas negeri di Indonesia, dan
  5. Letak geografis Kabupaten Kepulauan Sula lebih dekat ke Ambon.

Syawal menambahkan, dengan adanya pertimbangan tersebut, tentunya ia akan berkoordinasi Disdikbud Provinsi Malut dan pihak Kampus, khususnya di UNPATTI Ambon.

“Tentu saya perlu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Malut, dan saya telah komunikasi via telpon dengan pihak rektorat UNPATTI Ambon, sehingga menunggu balasan surat resmi dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sula,” jelas Syawal kepada awak media di ruang kerjanya Selasa, (23/3/2021).

Lanjut Syawal, jika komunikasi benar-benar direspon, berarti pelaksanaan tes akan dilaksanakan di Sula.

“Jika hasil komunikasi via telpon benar-benar direspon baik melalui surat resmi berarti pelaksanaantes SBMPTN dan tes jalur mandiri akan dilaksanakan di Sula tahun 2021 pasca pengumuman hasil Ujian Nasional,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *