Harga Sejumlah Bahan Pokok di Kota Ternate Melonjak

Transtimur.com–  Harga bahan pokok (bapok) di Pasar Barito dan Higenis Gamalama, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, dalam sepekan ini melonjak. Harga bawang merah misalnya, minggu lalu berkisar dari Rp 40 ribu per kilo gram (kg), kini mencapai Rp 44 ribu per kg.

Sebelumnya, harga cabai keriting dan harga cabai nona juga melonjak hingga Rp 90 ribu per kg. Bahkan dalam Minggu kemarin melonjak hingga Rp 150 ribu per kg.

“Sekarang harga cabe keriting dan cabe nona sudah turun dikisaran Rp50 ribu dan juga Rp40 per kg,”kata Salah satu pedagang  Rulis Musy saat ditemui transtimur.com, Kamis (11/3/2021)

Lanjut Rulis, Harga Bapok yang masih aman yakni tomat yang masih tetap dengan kisaran harga Rp13 ribu- 14 ribu per kg. kemudian bawang putih yang masih tetap dengan harga Rp40 per kg, juga harga telur yang masih stabil denga kisaran Rp1.600,00 per butir.

“Untuk Bapok ini di pasok dari Manado Sulawesi Utara (Sulut) dan juga Subaim Halmahera Timur (Haltim). salah satu penyebab lonjakan harga Bapok di Pasar Barito dan Higenis Gamalama ini karena daya panen petani menurun,”ujarnya.

Sedang telur, kata Hi. Ulu, dipasok dari Surabaya dan juga Manado melaui kapal laut.

Pedagang Ibu anisa menambahkan, harga kacang merah Rp 30 per kg, dan harga kacang putih Rp 42 ribu per kg. Sementara harga minyak Bimoli masih stabil dengan Rp16 ribu per kg dan harga gula pasir juga masih stabil Rp14.000 per kg, jelas Ibu Anisa.

Sedangkan, salah satu penjual ikan, Tam menyampaikan, harga ikan di Kota Ternate masih stabil. Misalnya ikan dasar dengan harga Rp45 per kg. begitu juga dengan ikan lain masih tetap dikisaran harga Rp.15.000-20 ribu per kg. harga ayam potong yang dipasok dari Kelurahan Fitu Kota Ternate masih stabil Rp 35 ribu per ekor.

“Ikan yang kami ambil di pelabuhan perikanan Bastiong itu sekarang lagi murah.l,”jelas penjual ikan Tam.

“harga ayam yang pasok dari Hi, Kadas di Kelurahan Fitu masih normal yang biasa terjual 2 sampai 3 karung atau 20 ekor per hari,”jelasnya

Menurut Hi. Ulu, Harga daging ayam potng naik pada saat hari-hari besar, seperti Bulan puasa, dan Natal,tutupnya.(Fajri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *