Dalam Waktu Dekat, Disdukcapil Kota Ternate Fungsikan Mesin Pencetak KTP

Gambar Ilsutrasi Mesin ADM

Transtimu.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, mendapat bantuan Mesin Anjuangn Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementrian dalam Negeri (Kemndagri).

Pasalnya, perangkat pencetak dokumen KTP, KK dan lainnya itu belum dapat di fungsikan. Saat ini pihak Dukcapil Kota Ternate terus proses pemasangan jaringan daan fasilitas lain.

“Mesin ADM masih dalam tahap penginstalan untuk kase konek dengan server Kendagri,”kata Kadis Dukcapil Kota Ternate, Rukmini A. Rahman saat ditemui transtimur.com, Jumat (5/3/2021).

Rukmini mengatakan, perangkat ADM mirip mesin ATM itu diterima sejak Februari 2021 kemarin, namun proses persiapan terus dilakukan. Menurutnya, dengan adanya ADM ini dapat mengurangi kerumunan Masayarakat di Kantor Dukcapil saat melakukan pengurusan ditengah Pandemik Covid-19.

“Jadi di era pandemi Covid ini pelayanan tidak mengumpulkan banyak orang lagi, masyarakat tinggal dirumah dan mengajukan pelayanan melalui Henpone Android. karena perangkat ADM merupakan perangkat pencetak berkas yang mirip dengan mesin ATM, masyarakat hanya mengajukan berkas sesuai dengan sistim dan itu akan di cetak ADM,”Jelas Rukmin.

Untuk pengoperasian ADM, pihaknya masih menunggu hingga jaringan normal dan seluruh server dipastikan terkoneksi. Tidak hanya itu, Ia juga masih menunggu jaringan VPN yang dipasang ke lokasi mesin ADM, semoga akhir bulan maret ADM sudah bisa dioperasikan,tutupnya.

Sekedear informasi, bahwa cara kerja ADM sama seperti menggunakan ATM. Untuk mengambil duit, nasabah harus teregistrasi terlebih dahulu di bank. “Begitu juga dengan pemohon dokumen kependudukan melalui mesin ADM harus teregistrasi di kantor Dukcapil setempat. Setelah itu akan diberi nomor PIN lewat SMS ke telepon genggam masing-masing.

Nantinya, PIN yang diberikan ada dua jenis. Pertama, untuk masuk ke dalam sistem yang ada di ADM. Kemudian, PIN untuk mencetak data kependudukan. Tiap data kependudukan akan diberi masing-masing PIN dan bisa digunakan hanya sekali pencetakan. (Abril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *