Malam Obor Meriah Sambut Idul Adha di Saniahaya

Saniahaya,transtimur,com– Tradisi Malam Obor kembali semarak di Desa Saniahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024. Acara yang diprakarsai oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat ini diikuti dengan antusias oleh seluruh masyarakat, termasuk anak-anak.

Menurut Penjabat (Pj) Desa Saniahaya, Ansar Rarangoran, tradisi obor keliling ini merupakan sudah menjadi turun temurun, selain itu malam obor juga sebagai bentuk mengenang sejarah para nabi terdahulu.

“Tradisi ini sudah menjadi keharusan dan budaya bagi masyarakat Saniahaya dalam menyambut Idul Adha,”ujar Pj Ansar Rarangoran. 

“Diharapkan dengan adanya tradisi ini, kita dapat semakin memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.”kata Pj Kades Saniahaya, Ansar Rarangoran kepada transtimur.com Minggu (16/6/2024).

Malam Obor atau pawai obor di Saniahaya tahun ini terasa lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari partisipasi yang lebih tinggi dari semua pihak, baik dari Pemdes, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, anak-anak, maupun seluruh masyarakat Saniahaya.

Salah Satu Moding Desa Saniahaya, Yusup Umasugi, mengungkapkan rasa syukur atas partisipasi yang tinggi dari masyarakat. 

“Alhamdulillah, tahun ini partisipasi masyarakat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Yusup Umasugi. 

Tradisi Malam Obor di Saniahaya merupakan contoh bagaimana tradisi dan budaya dapat menjadi sarana untuk memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di antara masyarakat. Tradisi ini juga menjadi pengingat akan pentingnya menjaga nilai-nilai agama dan sejarah dalam kehidupan bermasyarakat.

Pj Ansar Rarangoran pada kesempatan ini juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Saniahaya atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini. ia berharap agar tradisi ini dapat terus dilestarikan dan membawa keberkahan bagi semua.

“Semoga dengan adanya tradisi ini, kita semua dilimpahi keberkahan oleh Allah SWT dan dapat menjalankan ibadah Idul Adha dengan penuh khusyuk dan ketakwaan,” harap Pj Ansar Rarangoran.

Komentar