Sat Lantas Polres Kepsul Amankan Ratusan Pelanggar Lalulintas

Transtimur.com-Satuan Lalulintas Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara berhasil mengamankan ratusan kendraan yang tidak patuhi peraturan lalulintas.

Hal ini di ungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Kepulauan Sula, IPTU. Walid Buamona, saat di temui Transtimur.com di ruang kerjanya, Senin (27/6/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan operasi patuh kieraha 2022 yang berlaku sejak tanggal 13 Juni 2022 sampai dengan tanggal 26 Juni 2022.

“Memang operasi patuh kieraha ini di laksanakan oleh seluruh jajaran satuan lalulintas di Republik ini,”Jelasnya.

Kemudian lanjut Walid, dari hasil operasi patuh kieraha yang kami lakukan di Polres Kepulauan Sula ini terjaring para pelanggar dengan total keseluruhannya sebanyak 480 pelanggar dengan rincian pengendara roda 4 sebanyak 31 dan pengendara roda 2 sebanyak 449 pelanggar.

“Untuk kategori pelanggaran yang paling sering terjadi untuk pengendara roda 2 itu adalah pengendara sering tidak menggunakan helem baik helem depan maupun helem belakang,”Beber Walid.

Walid bilang, pelanggaran tersebut tertuang pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 291 ayat 1 dan ayat 2.

Sedangkan lanjut Walid, untuk pengendara roda 4 rata-rata pelanggaran terjadi pada STNK yang sudah tidak aktif.

“Jadi plat mobil sudah mati otomatis STNK juga sudah mati, itu yang kami lakukan penindakan,”Ujarnya.

“Untuk itu kami dari satuan Lalulintas Polres Kepulauan Sula berharap, untuk seluruh pengguna jalan baik itu pejalan kaki, kendraan roda 2 maupun roda 4 agar lebih tertib dalam berlalulintas, kalau sudah tertib berlalulintas maka otomatis pelanggaran-pelanggaran itu akan terhindar darinya,”Harapnya menutupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.