Pansus LKPJ DPRD Sula Tinjau Sejumlah SKPD Pengelola DAK Fisik 2021

Pansus LKPJ DPRD Kepulauan Sula meninjau sejumlah SKPD pengelola DAK Fisik Tahun Anggaran 2021 pada Selasa (26/4/2022)

Transtimur.com — Panitia khusus Laporan Keterangan Pertanggujawaban (Pansus LKPJ), DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara meninjau langsung di sejumlah SKPD yang mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun anggaran 2021.

Ketua Pansusu LKPJ DPRD Kepulauan Sula, Adinyong Tidore mengatakan, beberapa hari kemarin pansus LKPJ telah melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan SKPD pengelola DAK Fisik Pemkab Sula, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPRKP Sula, dan RSUD Sanana.

Dari hasil RDP itu, Pansus kemudian menindaklanjuti dengan mengecek langsung hasil pengelolaan DAK Fisik 2021 di lapangan..

“Hari ini kita baru melakukan sidak di dua SKPD, diantaranya Diknas dan RSUD Sanana. Untuk Dinas Kesehatan dan Dinas PUPRKP akan dijadwalkan kembali,” katanya kepada wartawan, Selasa (26/4/2022) tadi.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, dari hasil tinjauan Pansus tersebut akan direkomendaksikan ke pemerintah daerah melalui Rapat paripurna. Dimana rekomendasi tersebut dengan tujuan agar Pemda Kepsul melakukan perbaikan.

Dikatakan, pengerjaan DAK Fisik tahun anggaran 2021 kemarin sudah mencapai 100 persen, akan tetapi realisasi anggarannya masih di bawah 100 persen.

“Itulah disebabkan DAK Fisik hangus. Pemkab Sula akan tetap menyelesaikan tanggungjawabnya terhadap realisasi anggaran DAK fisik.

Untuk itu, Tambah Adinyong, ke depan Pemkab Sula lebih fokus pada bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dengan upaya yang maksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Jadi nanti hasil sidak di lapangan ini nanti apabila kami temukan seperti apa, akan direkomendasikan kepada Pemda untuk ditindaklanjuti,” jelasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.