Alien Mus Mendorong Perlindungan dan Kesejahteraan Nelayan

  • Whatsapp

Transtimur.com — Anggota DPR-RI Komisi IV yang juga Ketua DPD Partai Golkar Maluku Utara (Malut), Alien Mus mendorong perlindungan dan kesejahtraan Nelayan Indonesia.

Hal ini dia sampaikan dalam acara talk show TVR Parlemen pada Kamis (16/9/2021).

“Perlindungan Nelayan Indonesia yang ditangkap di Wilayah Perairan Negara Asing, seperti Malaysia, Flipina dan Vietnam,”ujarnya.

Dalam wawancara di TVR Parlemen, senator daerah pemilihan Maluku Utara tersebut menyampaikan bahwa, agar nelayan Indonesia tidak memasuki wilayah perairan negara lain maka Pemerintah melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) R.I perlu melakukan beberapa hal

Pertama, pemerintah perlu melakukan edakusi dan mensosialisasikan zona perbatasan wilayah Indonesia dengan negara lain kepada para nelayan Indonesia.

Kedua, para nelayan Indonesia perlu diawasi oleh kapal pengawas perikanan Indonesia, seperti dilakukan oleh pemerintah Vietnam. Hal ini bertujuan untuk memberitahukan kepada para nelayan Indonesia jika memasuki wilayah teritorial negara lain.

Ketiga, membicarakan kembali hubungan kerja sama (MOU) negara Indonesia dengan negara lain. Tentunya untuk melakukan sosialisasi tersebut pemerintah perlu menambah anggaran untuk Kementerian Perikanan dan Kelautan terutama di PDSKP.

Selain itu, Ketua DPD Partai Golkar Malut tersebut juga menyampaikan bahwa untuk melindungi para nelayan Indonesia Komisi IV DPR-RI mendorong beberapa hal yakni Pertama, pemerintah dapat membangun infrastruktur nelayan seperti menyiapkan GPS dan menyiapkan sarana telekomunikasi untuk nelayan.

Kedua, memberikan asuransi untuk nelayan. Ketiga, memberikan jaminan hari tua untuk nelayan.

“Mengingat karena tidak mungkin para nelayan melaut sampai di usia tua pastikan mereka istirahat, diharapkan dengan jaminan tersebut dapat melanjutkan kehidupan para nelayan diusia tua bersama keluarga,”tutup Alien.

Penulis  : Amana Upara

Editor    : Rais Umaternate

Baca Juga  Dit Intelkam Polda Malut Gelar Coffe Morning Bahas IUP PT. Amazing Tabarai DiPulau Obi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *