Bawaslu Maluku Utara Tolak Laporan Calon Bupati Pulau Taliabu

  • Whatsapp

Transtimur.com,Taliabu — Bawaslu Maluku Utara, akhirnya menolak  laporon gugatan pasangan  calon Pilbup  nomor urut 01, Muhaimin Syarif dan Safruddin Mohalisi (MS-SM) atas  laporan  dugaan kecurangan  terstruktur sistematis dan masif (TSM) yang diduga dilakukan oleh Aliong Mus Ramli pada Pilbup Taliabu.

Bawaslu menilai tidak terpenuhinya unsur formil seperti telah di atur dalam Perbawaslu 09 Tahun 2020.

“Kami di bawaslu provinsi telah melakukan proses penangnan laporan TSM  sesuai dengan aturan  perbawsalu. Putusan sidang sudah dilakukan tadi, dan sesuai dengan amar putusan  yang bunyinya “Laporan tidak dapat di tindklanjuti karena tidak memenuhi unsur formil”  yakni di pasal 13 perbawaslu 09 2020,” kata Kasubag Bawaslu Provinsi Maluku Utara Irwanto Djurumudin kepada yang dilansir dari TIMES Indonesia di ruang kerjanya (22/12/2020).

“Syarat formil di pasal 13 perbawaslu 09  mengatakan pelapor menyampaikan laporan TSM mulai sejak penetaan pasangan calon  sampai pada hari pemungutan dan perhitungan suara. Sedangkan pelapor saudara Muhaimin Syarif menyampaikan sudah selesai tahapan tadi, jadi kuncinya di situ pasal 13 tadi sehinga kiita tidak bisa melanjutkan,” tambahnya.

Iswanto mengatakan, laporan dari pelapor tergistrasi di Bawaslu Maluku Utara pada 14 Desember. Sidang pendahuluan TSM  dilaksanan pada Selasa (22/12/2020)  di kantror Bawaslu. Hadir dalam persidangan tersebut yakni, Muustakim Ladee  (Kuasa Hukum MS-SM), Aslan (Kordiv Penanganan Pelanggaran) yang bertindak sebagai Pimpinan Sidang dan didampingi oleh Ikbnal Ali (Koordinator Devisi penyeesaiaan sengketa,(Ifai/Red)

Baca Juga  Miris, Pemilik Caffe Remang-Remang di Mangoli Utara Diduga Pekerjakan Gadis Dibawah Umur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *